Adaptasi Sosial Mahasiswa Papua di Universitas Halu Oleo

Sosial UHO

Upaya pemerintah dalam pembangunan sumber daya manusia dibuktikan dengan adanya program beasiswa yang diberikan untuk putra dan putri terbaik bangsa yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Program beasiswa juga tidak hanya dapat dinikmati oleh mahasiswa dari kota-kota besar, namun kini telah muncul program beasiswa yang memfasilitasi putra dan putri Indonesia terutama yang berada di daerah yang sangat sulit dalam akses pendidikan, seperti di Provinsi Papua dan Papua Barat melalui program beasiswa Afirmasi Dikti (ADik).

Secara sosiologis, kehadiran mahasiswa asal Papua di Universitas Halu Oleo (UHO) memberikan keunikan tersendiri, baik dilihat dari aspek fisik maupun dilihat dari aspek sosial budaya. Pada awal kedatangannya, mereka merasakan perbedaan budaya di Sulawesi khususnya di Kota Kendari sehingga mereka mengalami kesulitan dalam beradaptasi. Oleh karena itu, selama melanjutkan studi di UHO mahasiswa Papua terus berupaya beradaptasi, dan pada akhirnya mereka dapat menyesuaikan diri dan merasa nyaman dengan lingkungannya.

Buku ini hadir di tangan pembaca budiman untuk menyajikan potret kehidupan sosial mahasiswa Papua di Universitas Halu Oleo yang difokuskan pada dua hal penting. Pertama, kajian tentang proses adaptasi sosial mahasiswa program Afirmasi Dikti (ADik) Papua di Universitas Halu Oleo. Kedua, kajian tentang berbagai hambatan yang dihadapi guna memperoleh keseimbangan-keseimbangan positif selama berada di Kota Kendari. Secara substantif, buku ini relevan menjadi bahan referensi bagi mahasiswa ilmu sosial, pemerhati pendidikan, dan mahasiswa asal Papua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *