by

Birokrasi Pemerintah Daerah

Birokrasi Pemerintah Daerah: Verifikasi Karakteristik Birokrasi Weberian
Sejatinya birokrasi pemerintah dibentuk independen dari kekuatan politik dan kepentingan lainnya. Begitu pula birokrasi pemerintah diposisikan sebagai kekuatan yang netral. Demikianlah semangat filosofis pemaknaan birokrasi yang digagas oleh Max Weber sebagai tipe ideal. Rasionalisme birokrasi ala Weberian itu tampaknya begitu sulit ditemukan dalam konteks pemerintah daerah saat ini. Pasalnya, birokrasi pemerintah daerah tak ubahnya sebagai alat legitimasi birokrat dan penguasa.
 
Problematika birokrasi tersebut adalah sebagian kecil dari praktik birokrasi pemerintah daerah. Potret komprehensif tentang kajian birokrasi pemerintah daerah dalam perspektif Weberian diulas tuntas dalam buku ini. Sebagai hasil penelitian disertasi doktor atau lebih tepatnya disebut sebagai hasil investigasi ilmiah, buku ini memverifikasi berbagai karakteristik birokrasi Weberian dalam konteks organisasi perangkat daerah Kota Kendari. Di sini penulis menerapkan metode verstehen oleh Weber dengan maksud menginterpretasikan fenomena yang terjadi.
 
Temuan penelitian yang disajikan dalam buku ini menunjukkan bahwa prinsip-prinsip dasar birokrasi Max Weber yang mencakup standardisasi dan formalisasi, pembagian kerja dan spesialisasi, hierarki otoritas, profesionalisasi, dan dokumentasi tertulis telah diterapkan pada organisasi perangkat daerah Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara, namun kurang sesuai dengan tipe ideal Max Weber. Prinsip standardisasi dan formalisasi dan prinsip hierarki otoritas menunjukan kesesuaian dengan tipe ideal Max Weber, tetapi prinsip pembagian kerja dan spesialisasi, profesionalisasi, dan dokumentasi tertulis kurang sesuai dengan tipe ideal Max Weber. Birokrasi pada organisasi perangkat daerah Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara lebih menyerupai administrasi substansif dalam masyarakat prismatik yang ditandai dengan heterogenitas dan formalisme sebagaimana digambarkan oleh Fred W. Riggs.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed