Modal Sosial: Teori dan Aplikasinya Pada Masyarakat Heterogen

Sosial UHO

Penulis: Dr. H. Sulsalman Moita, S.Sos., M.Si. & Dr. H. Mulyadi Bintaha, M.Pd.
Editor: Dr. Ambo Upe, S.Sos., M.Si.
ISBN: 978-602-60907-0-6
Sinopsis

Kajian tentang modal sosial sudah menjadi “branding” teori dari sejumlah ahli, diantaranya Bourdieu, Putnam, Fukuyama, dan Coleman. Atas karya akademik cemerlangnyalah sehingga memberi wawasan kepada para peneliti tentang domain analisis modal sosial. Beberapa domain analisis mendasar dalam kajian modal sosial, antara lain: dimensi modal sosial, elemen modal sosial, klasifikasi modal sosial, dan relasi modal sosial dengan modal lainnya.
Kajian modal sosial sangatlah dinamis dalam kaitannya dengan kompleksitas realitas. Materi modal sosial yang disajikan dalam buku ini difokuskan pada realitas keberagaman atau yang lebih populer dengan istilah masyarakat heterogen (plural society). Modal sosial menjadi perekat (bonding), penyambung (bridging), dan berkoneksi/jaringan (linking) pada masyarakat heterogen.
Kehadiran buku ini di tangan pembaca budiman dapat dimaknai sebagai apresiasi penulis kepada para ahli sebagaimana disebutkan di atas. Buku ini merupakan elaborasi teori dan aplikasi yang sangat konstruktif. Karena itu, sajian buku ini sangat relevan menjadi bacaan bagi para peneliti, mahasiswa, akademisi, dan pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *